Life StyleTechWorld

Revolusi Industri 5.0 SDM Unggul

BLOG DOSEN – Pada saat ini industri berkembang sangat pesat. Baru saja kita mulai beradaptasi dengan industri 4.0 yang memanfaatkan Internet (IoT), data, dan artificial intelligence, serta kecerdasan buatan. Konsep industri atau society 5.0 telah di siapkan oleh jepang.

Perubahan revolusi industri pasti terus terjadi seiring berjalannya waktu. Bisa kita lihat dari di temukannya industri 1.0 sampai revolusi industri sekarang di 4.0. Bahkan konsep industri 5.0 yang telah jepang siapkan.
  1. Industri 1.0, ini di mulai pada abad ke 18 oleh James Watt, dimana pertamakalinya ditemukan mesin uap. Mesin uap tersebut di gunakan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. Dimana mesin uap tersebut di gunakan untuk berbagai macam kebutuhan industri salah satunya di inggris mesin uap digunakan untuk meningkatkan produksi tekstil.
  2. Industri 2.0, terjadi pada akhir abad ke 19, dimana revolusi industri 2.0 di sebut dengan revolusi teknologi. Revolusi ini di tandai dengan ditemukannya energi listrik. Lalu di lanjutkan dengan penemuan pesawat telepon, mobil, dan juga pesawat terbang yang memberikan perubahan yang sangat besar.
  3. Industri 3.0, revolusi industri yang satu ini terjadi pada akhir abad ke 20 yang ditandai dengan perkembangan semikonduktor dan proses otomatisasi industri. Dengan kata lain, dunia sedang bergerak memasuki era digitalisasi. Kemunculan teknologi digital dan internet menandai dimulainya Revolusi Indusri 3.0. Dalam tahap inilah berbagai barang elektronik mulai di temukan seperti transistor, IC chips yang memungkinkan untuk mengembangkan mesin yang tidak memerlukan operator manusia.
  4. Industri 4.0, Pasti anda pernah mendengar mengenai industri 4.0 dengan automisasinya. Industri ini di mulai pada abad ke 21 dan di tandai dengan pemanfaatan Internet of Thing (IoT) sehingga memungkinannya interkoneksi antar mesin, big data acquisition yang mengarah ke machine learning, smart factory, artificial intelegence, dll.
  5. Konsep industri 5.0 yang satu ini di ciptakan oleh jepang yang di ungkapkan oleh perdana menteri jepang pada 21 Januari 2019. Perkembangan teknologi yang begitu pesat, termasuk adanya kehadiran robot dengan kecerdasan yang dianggap dapat menggantikan peran manusia. Hal ini yang melatar belakangi lahirnya Industri 5.0 yang dapat diartikan sebagai suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based). Industri 5.0 ini di buat karena adanya masalah yang di alami oleh jepang.
Tags
Show More

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close