ArtikelTech

Ralph H. Baer sang Penemu Video Game Pertama di Dunia

BLOG DOSEN – Game ini digandrungi para pengguna mobile maupun pemilik konsol game di seluruh dunia. Ternyata game sudah ada sejak beberapa dekade lalu atas ide dari Ralp H. Baer. Ralph H. Baer lahir pada 8 Maret 1922, seorang warga Jerman yang tinggal di Amerika Serikat. Ralph mendapat julukan sebagai pemulai di era industri video games.

Ralph Baer an engineer for Sanders Associates, Inc., of Nashua, New Hampshire, watches his TV hockey game in this double exposure, February 3, 1977. Baer is responsible for millions of Americans frantically twisting knobs of frustration to move paddles of light in pursuit of targets of futility across their TV screens. (AP Photo)

Perjalanan hidup Ralph diketahui ketika ia menjadi seorang insinyur televisi yang saat itu masih jarang di Amerika Serikat. Ralph H. Baer pun menciptakan sebuah permainan di televisi pada 1966 di perusahaan bernama Sanders. Website Solopos mengungkapkan, penemuan dikembangkan hingga menjadi video game pertama yang diberi nama Brown Box. Video game itu dipatenkan pada 1968. Paten ini masih tercatat sebagai video game pertama di dunia.

Sejak 1983, Baer bersama beberapa temannya menciptakan beberapa peralatan permainan yang di bawah perusahan MicroPROS Technology Solutions. Baer juga merupakan anggota senior seumur hidup dari perkumpulan insinyur IEEE.

Ralph Baer pada 13 Februari 2006 mendapatkan penghargaan National Medal of Technology dari Presiden Amerika Serikat saat itu, George W. Bush, atas penemuannya yang memulai industri video game. Pada 6 Desember 2014 dilaporkan Ralph H. Baer meninggal dunia. Ia meninggal di usia 92 tahun.

Tags
Show More

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close